Di
Home Depot, Amerika Serikat, sebuah toko raksasa alat barang bangunan,
pada pagi hari ketika toko baru buka, kasir baru ada satu dan anteran
pembeli sudah panjang.
Ada sorang anak muda mau membeli
sekotak kecil paku yang harganya hanya 1.5 dollar, dia memberikan uang
100 dollar dengan muka malu dan meminta maaf karena tidak punya uang
kecil.
Kasir ini kebingungan karena tidak punya uang
kembali. Setelah berpikir sejenak, dia kembalikan uang 100 dollar nya
pembeli, membuka dompet pribadinya, mengeluarkan 1.5 dollar nya sendiri,
memasukkan kedalam kas, dan menyerahkan paku itu kepada pelanggannya,
dan dicap lunas. Pembeli muda inipun mengucapkan terimakasih dan
berjalan pulang.
Lewat 3 hari, ketika kasir ini sedang
bekerja, tiba2 supervisor Home Depot datang dengan 2 orang ke arahnya,
seorang anak muda dengan seorang agak tua. Ternyata itulah anak muda
yang membeli paku 3 hari lalu.
Dia heran ketika supervisornya menyalaminya dan mengenalkan pada tamu2 itu.
Tamu
yang tua berkata: “ Nona kasir, kerjamu bagus sekali, anakku memujimu
atas kejadian 3 hari yang lalu, dan aku kenal pemilik jariangan toko
ini. Bisnisku diseberang sana, sebagai tanda penghargaan, sudah aku
beritahukan kepada semua staff ku, sejak saat ini semua keperluan
perusahaanku akan beli ditempat ini. Dan aku juga sudah menceritakan
kerjamu yang baik pada atasanmu ini.”
Ternyata orang tua
itu adalah pemilik satu perusahaan raksasa di dekat tokonya. Bisnis
ratusan ribu dollar mengalir secara tetap keperusahaan hanya karena
perbuatan kecil seorang kasir yang mau berbuat lebih untuk melayani
pelanggannya.
Ketika kita bekerja, kemauan berbuat lebih, adalah salah satu kunci untuk membangun sukses kita.
Jangan
hanya melakukan yang di inginkan pelanggan saja, tapi lakukan dengan
lebih dari apa yang diharapkan pelanggan kita. Melayani dengan baik
sudah jadi norma umum, melakukan lebih menjadi keunggulan kompetitip
kita sekarang. Salam sukses selalu.
*) ditulis dari satu kisah nyata di salah satu buku bisnis tentang pelayanan yang sudah lama lalu saya baca.
Success = ABCD = Above and Beyond the Call of Duty.
“Don’t give them what they want. Give them what they never dreamed possible.” – Kevin Roberts.
0 Response to "KISAH KASIR YANG MURAH HATI"
Posting Komentar